Keuntungan Penting Dari Pemakaian Tangan Kanan

Fitria Handayanita
Padang, 31 Oktober 2012



1. Mempermudah belajar

Sebagian besar perlnegkapan dari sistem pengajaran keterampilan motorik sesuai bagi pemakai tangan kanan. pemakaian tangan kiri harus berusaha menyesuaikan diri dengan alat tersebut.

2. Bimbingan sdan percontohan lebih berarti. 

Karena sebagian besar model adalah untuk pemakaian tangan kanan, maka pemakaian tangan kanan lebih mudah mengikuti percontohan dan penjelasan yang diberikan ketimbang pemakaian tangan kiri.




3. Lebih cepat terampil dan tidak melelahkan

Karena dalam bimbingan dan demontrasi, pemakaian tangan kanan  merasa senang; biasanya mereka dapat mengembangkan keterampilan motorik yang lebih unggul dan lebih cepat. Sedangkan pemakaian tangan kiri merasa payah untuk mengikuti langkah yang ditentukan oleh pemakaian tangan kanan. Pemakaian tangan kiri menjadi putus asa karena lebih lambat dan merasa lebih sulit mencapai cita-citanya.

4. Lebih mudah menyesuaikan diri dengan harapan sosial

Menjadi pemakai tangan kanan dalam budaya pemakai tangan kanan, membuat anak mampu menyesuaikan diri dengan pola yang diterapkan masyarakat. Sebaliknya, jika anak adalah pemakai tangan kiri, maka ia akan merasa dirinya berbeda dan terasing. pengguna tangan kanan juga memudahkan penguasaan keterampilan sosial seperti mengikuti pola pengguanaan perlengkapan makan yang direstui dalam masyarakat, dan berjabatan tangan sebagai bentuk ucapan selamat.

5. Kepribadian yang Menyenangkan

Penyesuaian dengan perilaku teman sebaya dan dengan  harapan kelompok sosial menimbulkan kata putus diri yang menyenangkan. Kebanyakan anak pemakai tangan kiti merasa tidak terampil dan lebih sadar diri karena mereka berbeda.

Sumber:

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development. Inggris. McGraw-Hill

Komentar

Postingan Populer