Jangan Anggap Enteng Nyeri Sendi

Waspadai nyeri sendi!!!
Fitria Handayanita




Sendi meski tidak semua nyeri sendi terjadi karena asam urat, tapi anda patut curiga. apalagi nyeri tersebut datang dan pergi secara terus menerus. jika dibiarkan dan tidak ditangani secara intensif bisa saja gejala awal kadar asam urat itu meningkat dan mengkronis, selanjutnya akan menyengsarakan Anda di kemudian hari. 
asam urat adalah sebuah kristal putih yang terbentuk sebgaia akibat dari hasil metabolisme protein. kegagalan metabolisme (gout) menjadi tersangka utam penyebab meningkatnya konsentrasi asam urat dalam darah. pada realitanya, keadaan gout ini umumnya yang dikenal dengan asam urat. 

Masih satu rangkaian, makanan yang banyak mengandung proteinlah merangsang timbulnya serangan gout. jika diteliti lebih jauh lagi gout dapat bersifat dua macam , primer dan sekunder. Gout primer terjadi apabila terbentuknya asam urat yang berlebihan akibat penurunan sekresi asam urat secara langsung.
Goat bersifat sekunder apabila pembentukan asam urat berlebih atau ekresi asam urat yang berkurang akibat proses penyakit lain dan pemakaian obat-obat tertentu. apabila kristal-kristal ini terbentuk pada sendi-sendi dan jaringan sekitarnya maka akan terjadi peradangan dengan rasa sakit di persendian. sakit tersebut akan terasa di pergelangan, kaki, sendi, tangan, lutut, pundak, dan jari-jari tangan.

Bagi mereka yang berusai 40 tahun ke atas, kelebihan asam urat bukan hal yang sepele. kelebihan ini akan mengakibatkan pengkristalan pada persendian serta pembuluh kapiler darah terutama yang dekat dengan persendian. akibatnya jika persendian tersebut digerakkan, maka akan terjadi gesekan kristal-kristal yang mengakibatkan rasa sakit nyeri yang luar biasa pada sendi. rasa sakit yang serupa juga akan terasa pada pembuluh dara kapiler. apabila kristal-kristal tersebut mengendap dipembuluh darah kapiler, dan jika tidak bergerak, maka kristal-kristal tersebut akan tertekan dan ujungnya menusuk dinding pembuluh darah  dan menimbulkan rasa nyeri.

Penumpukan kristal bila kronis akan mengakibatkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelicin tidak bekerja. kasus ini sering terjadi pada manusia atau orang berusia lanjut. mereka pada umumnya mengabaikan kelebihan asam urat yang terjadi sehingga di usia senja persendian tidak bisa atau kurang lancar digerakkan.

Saat gejala awal terus dibiarkan bisa saja asam urat sudah memasuki stasium yang lebih tinggi, seperti tahap kronik. tahap ke empat pada perkembangan asam urat. tahap ini dilalui dengan perubahan bentuk pada sendi-sendi yang tidak dapat kembali seperti semula. pada fase ini frekuensi kambuh akan semkain sering. sakit yang berkepanjangan disertai dengan meningkatnya suhu badan. seterusnya dapat menyebabkan lumpuh karena sendi menjadi kaku dan tidak dapat ditekukukan.

Sumber:
Setiabudi, Hermawan. 2012. Deteksi, Dhini, Pencegahan, dan Pengobatan Asam Urat. Yogyakarta: Langit Biru.

Komentar

Postingan Populer