Bra pintar pendeteksi Kanker Payudara


Sebentar lagi, wanita bisa menggunakan bra pintar yang punya kemampuan lebih dari menahan payudaranya. Pasalnya, ada bra yang berkemampuan untuk mendeteksi kanker payudara.

Seperti yang dilansir dari The Daily News (12/10), bra tersebut dirancang oleh Dr Elias Siores dari University of Bolton pada tahun 2007. Selama proses pembuatannya, bra pintar itu sudah dites sensitivitas dan akurasinya yang melibatkan 650 subjek. Dan sekarang, bra pendeteksi kanker payudara ini hampir siap untuk dipasarkan.

Menurut perusahaan produksi bra, First Warning Systems, percobaan klinis akhir sedang direncanakan dalam waktu dekat. Namun sejauh ini, penelitian telah menunjukkan bahwa bra memang bisa mengindikasikan gejala kanker bahkan sebelum tumor dideteksi oleh pencitraan.

Cara kerja bra pendeteksi kanker payudara adalah melalui sistem antena microwave yang ditenun menjadi kain. Dengan menggunakan ilmu termografi, bra kemudian berkemampuan mendeteksi perubahan suhu akibat aliran darah. Dari situ bra akhirnya menandakan ada perkembangan tumor kanker payudara. Pengguna bra juga bisa melacak sinyal pada komputer atau smartphone. Setelah itu, jika ada suhu yang berubah, ada peringatan bagi pengguna untuk memanggil dokter sesegera mungkin.

Mengingat mammogram dinilai akurat namun tidak nyaman dalam mendeteksi kanker payudara, bra ini bisa dijadikan pilihan tepat. Jika nantinya percobaan klinis berjalan lancar, bra pintar pendeteksi kanker payudara tersebut akan mulai dijual di Amerika Serikat pada tahun 2014 mendatang. Sayang belum ada harga perkiraan yang disampaikan oleh pihak produksi bra.

Komentar

Postingan Populer