Cara mengetahui produk Kecantikan Yang Kadaluarsa


Fitria Handayanita
Padang, 29 Oktober 2012


Bagi para wanita, kosmetik tentu jadi barang wajib sebagai penunjang penampilan mereka. Tapi sebagai Wanita yang selalu menggunakan produk kecantikkan kita harus dituntut teliti dan cermat agar nantinya tidak menyesal, karena efeksamping dari produk kosmetik yang sudah kadaluarsa. Berikut cara bagai mana mengetahui beberapa ciri produk kosmetik yang sudah kadaluarsa.

Maskara

Maskara yang berfungsi untuk mempercantik bagian mata seperti menebalkan dan melentikkan bulu mata ini tersedia dalam beberapa warna dan formula yang berbeda. Jika maskara ini sudah mengalami perubahan baik tekstur, warna maupun aroma sebaiknya jangan digunakan lagi untuk mencegah kontaminasi dan infeksi. Masa kadaluarsa biasanya antara 3-4 bulan.

Alas bedak (foundation)

Dungsi dari foundation ini selain untuk menutupi flek atau pori-pori wajah, juga membuat bedak luar semkain lekat. Alas bedak ini hadir  dalam beberapa bentuk seperti cair, padat dan cream. Ketiga jenis ini berbahan dasar kimia yang mempunyai batas kadar luarsa juga. Masa kadaluarsa foundation ini sekitar 1-2 tahun. Efek samping jika menggunakan alas bedak yang kadarluarsa dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit serta menyebabkan kanker kulit jika dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Lipstik dan lipgloss

Lipstik adalah produk kosmetika untuk mempercantik bentuk bibir dan menyamarkan warna bibir yang hitam atau kusam. Lipstik tersedia dalam berbagai macam warna dan kemasan. Lipstik ini dapat rusak karena efek panas , cuaca dingin maupun karena benda cair lainnya. Masa kadaluarsa lipstik biasanya hingga 2 tahun jika dalam keadaan normal.

Meskipun demikian, terkadang lipstik sebelum 2 tahun sejak produksi sudah tidak layak pakai seperti aroma berbau tajam, mengering dan tidak mudah lengket lagi. Jika bentuk fisik lipstik sudah demikian sebaiknya jangan digunakan lagi.

Eyeliner

Eyeliner berfungsi sebagai pembentuk bingkai di sekeliling mata, menyeimbangkan sekaligus memperbaiki bentuk dan ukuran mata anda. Eyeliner hadir dalam beberapa pilihan warna. Masa kadaluarsa eyeliner tidak berbeda dari masakra. Mulai dari 3 bulan hingga 1 tahun tergantung dari perawatannya.

Ciri-ciri eyeliner yang kadaluarsa adalah munculnya bercak putih pada ujung pensil eyeliner, sedangkan eyeliner cair atau krim kondisinya mengering dan terasa lebih kasar dibanding pada saat pertama pembelian. Sebelum menggunakan eyeliner sebaiknya raut kembali agar permukaan pensil selalu bersih.

Sumber:
 http://www.doktercantik.com/arsip/bahaya-eyeliner.html

Komentar

Postingan Populer