Kebiasaan-Kebiasaan tidak Sehat Terkait Pola Makan





1. Terbiasa makan Buah setelah Makan


Kebanyakan orang selalu menyantap buah sehabis makan. Buah senantiasa diposisikan sebagai makanan penutup setelah makan. jenisnya pun bermacam-macam, seperti jeruk, pisang, apel, pepaya, melon dan lain sebagainya. padahal kebiasaan makan buah setelah makan ternyata merupakan kebiasaan yang keliru. sebab, setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk mencerna nya. Nah, jika seusai makan, lalu menyantap buah, maka buah akan terhambat oleh makanan yang telah lebih dahulu di santap. akibatnya, buah tidak bisa dicerna secara normal.
Bila hal tersebut berlangsung secara terus menerus, seseorang akan mengalami gejala perut kembung, diare, dan kelebihan asam lambung. sebaiknya, buah dikonsumsi 2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan. 
Dengan demikian, untuk menjaga kesehatan tubuh, hendaknya kebiasaan makan selama ini dianggap tidak berpengaruh apa-apa terhadap kesehatan tubuh mulai dihindari. tetapi, jika tidak tepat waktunya, justru akan menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan.

2. Terbiasa Minum Teh Sesudah Makan
kebiasaan lainnya yang perlu dihindari setelah makan adalah minum teh. Ini merupakan kebiasaan banyak orang yang makan di berbagai warung makan. Padahal, itu kebiasaan yang buruk sehabis makan.  Sebab, minum teh seusai makan dapat mengencerkan getah lambung, yang berpengaruh terhadap proses pencernaan makanan.

Selain itu, daun teh banyak mengandung tannin (asam tanat). Jika minum teh seusai makan maka akan membuat protein yang belum sempat dicerna oleh lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi penyerapan protein.

Daun teh juga mengandung asam yang begitu tinggi, Zat ini akan membuat protein yang terkandung dalam makanan yang telah dilahap menjadi sulit dicerna. teh juga dapat menghambat serapan zat besi pada tubuh sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan gejala anemia.

Oleh karena itu, bagi para pecandu teh, disarankan untuk tidak meminumnya sehabis makan. Hambatan penyerapan besi akibat meminum teh setelah makan bisa mencapai 80%. padahal, menurut Sutaryo dalam pidato pengukuhannya sebgai guru besar fakultas kedokteran UGM, zat besi sangat dibutuhkan.zat besi dapat menigkatka kualitas hidup manusia karena setiap pertumbuhan sel manusia membutuhkan keberadaan zat besi tersebut. zat besi diuakan sebagai diferensiasi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang, dan organ lainnya. 

kekuranga zat besi pada anak-anak akan menimbulkan ciri: merasa cemas, depresi, dan gangguan peratian, yang akhirnya akan menggagu prestasi sekolahnya.

3. Terbiasa merokok sehabis makan
kebiasaan buruk lainnya setelah makan adala merokok. sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa merokok setelah makan sebanding dengan mengisap sepuluh batang rokok (yang menyebabkan kemungkinan terserang kanker lebih besar). oleh karena itu,hilangkan kebiasaan merokok setelah makan. 

4. Terbiasa Mandi Setelah Makan 

Mandi setelah makan menyebabkan volume aliran darah pada permukaan tubuh meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung pun akan berkurang. sehingga, hal ini membuat fungsi pencernaan memburuk.

5. terbiasa berolahraga sehabis Makan

olah raga dilarang sehabis makan karena seseorang mengonsumsi makanan berat, secara otomatis, dara akan mengalir ke bagian perut. 

Komentar

Postingan Populer