SOFT LENS>>>>>

udah 2 minggu ini aku coba gunain soft lens....
ternyata ga senyaman yang ku bayangin...ntah karena ada suatu prosedur yang salah...........

hmmm.sementara ini di hentiin dulu lah..takut kenapa2...
oh ya...pas baca2 informasi aku ada bebera tips menggunakan soft lens nih......

 Tips Menggunakan Soft Lens..........
Yang pertama, cucilah tangan mu terlebih dahulu sebelum memegang langsung softlens. Kamu juga dapat mencuci tangan mu dengan air pembersih khusus softlens untuk mensterilkan.
Yang kedua, jagalah kepanjangan kuku jari tangan kamu, karena apabila kuku tangan mu panjang akan beresiko merobek softlens.
Yang ketiga, biasakanlah untuk memakai softlense dari mata yang sebelah kanan terlebih dahulu. Ini untuk mengurangi resiko softlens tertukar.
Yang keempat, jangan memakai softlens pada saat tidur, olahraga air seperti renang, dan saat mandi.
Yang kelima, softlense harus ditendal terlebih dahulu dengan air pembersih khusus soflens minimal 4-5 jam sebelum softlens digunakan.
Yang keenam, Jangan menggunakan softlens secara bersama. Maksudnya adalah jangan meminjamkan softlens kamu kepada orang lain.
Yang ketujuh, bawalah selalu obat tetes mata khusus pengguna softlens agar jika matamu terasa kering tetesilah matamu dengan obat tetes tersebut.
Yang kedelapan, jika mata terasa gatal atau terjadi iritasi yang menyebabkan kemerahan pada mata, pedih dan tidak  nyaman, lepaskanlah softlens mu. Dan jika berkelanjutan hubungilah dokter mata.
Yang kesembilan, periksalah mata kamu secara berkala pada ahli mata.
ihh ada bahanya juga loo.....neh dia...

Bahaya Softlens Atau Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata


Bahaya Softlens Atau Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata Bahaya Softlens Atau Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata 
Atau Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata -Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kacamata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang. Softlens terbuat dari plastik yang mengandung air.Namun,tahukah kamu jika softlens itu berbahaya ?? Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Bahaya Softlens Atau Lensa Kontak Bagi Kesehatan Mata.
Pada mulanya softlens tidak berwarna alias bening, namun dengan perkembangan zaman dan mode maka banyak bermunculan softlens yang memiliki warna-warna indah dan bahkan ada yang memiliki gambar pada softlensnya.Karena perkembangan zaman dan teknologi, softlens yang awalnya berfungsi sebagai pengganti kacamata untuk penderita gangguan mata kini berubah menjadi artibut mode atau style.
Banyak dari para ABG atau orang dewasa, perempuan maupun pria yang menggunakan softlens hanya untuk kepentingan gaya semata. Mungkin dengan menggunakan softlens maka kita terlihat lebih modis ataupun lebih praktis ketimbang menggunakan kacamata.

Dari sebuah penelitian, telah terjadi peningkatan infeksi mata yang disebabkan oleh Acanthamoeba Castellani. Penyakit infeksi ini dinamakan Acanthamoeba Keratitis. Acanthamoeba Catellani ini merupakan bakteri yang bisa berkembang di air yang terkontaminasi.Nah, kontaminasi ini biasa terjadi pada tempat penyimpanan softlens Anda.  Maka dari itu diwajibkan untuk selalu menjaga kehigienisan softlens dan tempat penyimpanan softlens Anda.
Selain penyakit yang ditimbukan oleh bakteri tadi, masih banyak lagi bahaya yang disebabkan oleh softlens. Salah satu contoh adalah banyak terjadi kebutaan permanen yang disebabkan oleh pemakaian softlen di hawa panas. Hawa panas sangat mudah untuk membuat softlens yang terbat dari plastik tipis ini mencair.
Saat mencari, secara otomatis cairan plastik softlens yang panas tersebut masuk kemata dan merusak jaringan mata. Softlens yang mencair tersebut pun dalam merekat kencang pada mata dan sangat suli untuk dilepaskan. Sehingga orang yang mengalami kejadian mengerikan seperti ini sudah dapat dipastikan buta permanen.
Saat menggunakan softlens di depan komputer dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan timbulnya belekan pada mata dan lama kelamaan pandangan mata menjadi kabur. Selain itu softlens yang mengandung air ini dapat menjadi kering lalu mengambil air di permukaan mata sehingga mata kita menjadi perih dan terasa kering.
Hal ini biasa terjadi di ruangan ber-AC, ruangan berhawa panas, terkena debu, dan terkena asap rokok. Hal ini memang bisa diatasi dengan meneteskan cairan softlens dan membersihkan softlens dari debu. Bagi mata yang mudah terkena iritasi disarankan untuk jangan terlalu lama menggunakan softlens.

Nah giman agak ngeri juga ya.......
tapi gak usah khawatir kalau kamu bisa ngikutin tips sederhana yang di atas. Apabila Kamu udah ngikutin kamu bakalan dapet kelebihan yang di bawah ini:

Kelebihan Softlens :

1. Menambah percaya diri.
Para wanita yang merasa kurang pede memakai kacamata, bisa mendapatkan rasa pede-nya kembali setelah memakai softlens.

2. Menunjang aktivitas tertentu.
Orang-orang dengan pekerjaan tertentu relatif memerlukan Softlens agar bisa bergerak bebas dan tak takut terganggu, dibandingkan jika harus memakai kacamata. Contohnya : olahragawan, penari, aktor, penyanyi, orang-orang yang bekerja dalam hujan, asap, dan lain-lain.

3. Faktor keamanan.
Untuk aktivitas yang lumayan berat, pengguna tak perlu takut lensa bakal jatuh atau pecah, seperti halnya jika memakai kacamata.

4. Penglihatan lebih baik.
Softlens meminimalisasi jarak mata dengan lensa hingga ketajaman mata menjadi lebih baik. Selain itu, sudut penglihatan pun menjadi lebih luas karena lensa menempel langsung pada mata.

5. Baik untuk penderita mata silendris (cylinder).
Bagi pemakai kacamata silendris, Softlens mengoreksi kekurangan akurasi kacamata hingga titik terendah, sehingga penglihatan pun menjadi lebih baik.
 

Komentar

Postingan Populer